Friday 3 April 2015

PENGERTIAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)

Apa itu Artificial Intelligence (AI)?


Manusia bisa berfikir? Tentu saja manusia bisa berfikir, manusia itu ciptaan TUHAN yang paling unik dan sempurna. Bagaimana kalau mesin? Apakah bisa berfikir seperti kita sebagai manusia? Coba saya akan mengupas tuntas melalui informasi yang ada. AI (Artificial Intelligence) atau di dalam kehidupan sehari-hari biasa disebut Kecerdasan Tiruan atau Kecerdasan Buatan. Apa sich itu Cerdas? Cerdas adalah memiliki pengetahuan ditambah dengan pengalaman, menggunakan penalaran dengan efektif (bagaimana membuat keputusan dan mengambil tindakan) dan bermoral baik. Cerdas tidak terpaku tapi berdasarkan fakta dan pengetahuan. Pengetahuan hanya sebagai 'cover' senjata utamanya yaitu Logika
AI (Artificial Intelligence) dapat membuat sebuah sistem komputer berfikir seperti manusia dan sistem komputer dapat berfikir secara rasional atau masuk akal. AI dapat membaut sistem komputer dapat bertingkah laku seperti manusia dan sistem komputer dapat bertingkah laku yang diterima logika dan masuk akal kita. Definisi AI (Artificial Intelligence) merupakan proses di mana peralatan mekanik dapat melaksanakan kejadian-kejadian dengan menggunakan pemikiran atau kecerdasan seperti manusia. 

Pengertian AI dapat ditinjau dari 2 pendekatan:
  1. Pendekatan Ilmiah (A Scientific Approach). Pendekatan dasar ilmiah timbul sebelum invansi ke komputer, ini tidak sama dengan kaskus mesin uap. Pedekatan ilmiah melihat batas sementara dari komputer dan dapat diatasi dengan perkembangan teknologi lanjutan. Mereka tidak mengakibatkan tingkatan pada konsep.
  2. Pendekatan Teknik (An Engineering Approach). Usaha untuk menghindari definisi AI, tetapi ingin Mengatasi atau memecahkan persoalan-persoalan dunia nyata (real world problem).
Definisi AI dari beberapa para peneliti:
  • H.A Simon [1987]
Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas.
  • Rich and Knight [1991]
Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.
  • Encyclopedia Britannica
Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.

Mengapa kita harus mempelajari AI (Artificial Intelligence)?
  1. AI merepsentasikan bagian tengah atau inti dari ilmu komputer.
  2. AI mewujudkan suatu bentuk ketidaktepatan dari komputasi.
  3. AI mempunyai suatu kekuatan alami antarcabang ilmu, AI dalah bagian ilmu teknik dari Cognitive Science, Cognitive Science adalah suatu perpaduan ilmu filasat, ilmu linguistik dan ilmu fisikolig.
  4. AI memperlakukan representasi pengetahuan dan manipulasiny.
  5. Pengetahuan (knowledge) adalah pusat dari semua ilmu teknik.
  6. Alasan penting lainnya adalah penelitian AI diharapkan menemukan atau membongkar bentuk krisis besar dalam waktunya. Krisis dibuat oleh interaksi dari teknologi, ilmiah (science) dan filsafat.
Detail Kecerdasan Buatan
  1.  Sudut Pandang Kecerdasan, Kecerdasan buatan mampu membuat mesin menjadi cerdas (berbuat seperti yang dilakukan manusia.
  2. Sudut Pandang Penelitian, Kecerdasan buatan adalah studi bagaimana membuat komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan manusi.
  3. Sudut Pandang Bisnis, Kecerdasan buatan adalah kumpulan peralatan yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah bisni.
  4. Sudut Pandang Pemrogram, Kecerdasan buatan meliputi studi tentang pemrograman simbolik, problem solving, dan pencarian (searching).
Nah, Sekarang sudah pada tahu kan apa itu AI (Artificial Intelligence), Semoga artikel ini bermanfaat.Terima Kasih.

Sumber.
Ir.Siswanto (2010). Kecerdasan Tiruan Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Arie, B. "Kecerdasan Tiruan". http://informatika.web.id/category/kecerdasan-buatan/ (diakses tanggal 22 January2013).
Rafiudin, I.  "Pengertian dan Sejarah Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)". http://iswanticha.blogspot.com/2013/04/pengertian-dan-sejarah-kecerdasan.html.

2 comments: